Memilih Screen Sablon Sesuai Kebutuhan


Berikut ini beberapa peralatan pokok yang dipergunakan untuk cetak sablon; Screen Sablon, Meja Sablon, Screen Frames, Penjepit Screen Sheet (catok), Coater atau pelapis, Squeegee atau rakel, ditambah alat penunjang lainnya seperti hair dryer (untuk mengeringkan lapisan afrdruk screen), mini water sprayer (untuk proses pengembangan atau pembersihan kimia afdruk).

Screen atau kain gasa adalah kain khusus untuk menyablon yang berfungsi sebagai pembentuk corak gambar di atas benda yang akan di sablon. Karakter teksturnya sangat halus mirip seperti kain sutera dan memiliki jumlah kerapatan pori-pori yang bertingkat. Kerapatan pori-pori pada screen inilah yang banyaknya tinta sablon yang keluar ketika disaput menggunakan rakel (alat penyaput tinta berupa karet yang lentur).

Pada umumnya kain screen yang biasa digunakan untuk menyablon adalah jenis nytal, monyl, dan nyblolt. Ketiga jenis bahan screen ini merupakan kain gasa yang baik karena memiliki sifat tahan terhadap zat-zat kimia, tahan terhadap berbagai kondisi pada saat pencetakan. Screen Sablon biasa memiliki tekanan bentangan pada screen frames (rangka) sekitar lima sampai tujuh persen, jika kurang dari itu maka tekanan yang berulang-ulang ketika disaput oleh rakel akan mempengahuri media gambar yang akan disablon dan menjadi kendur bahkan untuk pemakaian berlurang-ulang bahan screen sablon akan cepat robek.

Screen Sablon dapat dibedakan berdasarkan tingkatan tebal tipis dan kerapatan kain gasa. Untuk membedakan karakter masing-masing tingkatan, screen sablon biasanya ditandai dengan kode T (Thick) dan S (Small). Karena memiliki kerapatan lubang pori-pori yang berbeda, screen sablon secara umum dibagi menjadi tiga macam antara lain:

Screen dengan tekstur Kasar (48T - 90T) artinya screen ini memiliki lubang pori-pori yang cukup besar dan renggang, sehingga mampu menyalurkan tinta dalam jumlah cukup banyak. Biasanya screen 48T-90T digunakan untuk menyablon bahan tekstil semacam sablon kaos atau t-shirt.

Screen dengan tekstur Sedang (120T - 150T)  artinya screen ini memiliki tingkat kerapatan lubang pori-pori agak rapat. Biasanya type screen ini digunakan untuk menyablon bahan yang tidak terlalu menyerap cat, seperti menyablon kertas atau kulit imitasi.

Screen tekstur Halus (165T - 200S) artinya screen ini memiliki tingkat kerapatan lubang pori-pori cukup tinggi, sehingga screen ini hanya dapat menyalurkan tinta lebih sedikit. Untuk jenis screen ini sangat cocok untuk menyablon dengan warna yang lengkap, dapat digunakan untuk menyablon raster. Biasanya penggunaan screeen tersebut yaitu untuk keperluan menyablon bahan-bahan yang tidak menyerap cat, seperti sablon plastik, sablon gelas, dan sablon untuk bahan logam.