Rakel Sablon (Screen Printing Squeegee)


Rakel Sablon Screen Squeegee
Rakel Sablon (Screen Printing Squeegee)

Rakel atau screen printing squeegee merupakan peralatan wajib yang digunakan untuk menyablon. Rakel digunakan untuk menekan cat sablon dari screen ke bahan yang akan dicetak. Rakel sablon sangat beragam jenisnya disesuaikan dengan kebutuhannya, bentuk ujungnya berbeda disesuaikan dengan keperluan untuk bahan menyablon.

Pemilihan kelenturan karet rakel untuk menyablon digunakan sesuai kebutuhannya. Pada umumnya bahan yang lunak dan tumpul akan lebih banyak mengalirkan banyak tinta pada media cetak, sedangkan bahan karet rakel yang keras dan tajam akan mengalirkan tinta lebih sedikit sehingga proses pengeringan pada tinta sablon lebih cepat.

Rakel Sablon - Screen Printing Squeegee

Sifat dan kelenturan ujung karet rakel sablon (Screen Printing Squeegee):

  • A. Karet rakel dengan ujung dua sisi lancip digunakan untuk menyablon benda-benda yang tidak menyerap tinta, seperti menyablon plastik, kaca, dan bahan-bahan lainnya yang tidak menyerap tinta. Rakel lancip juga digunakan untuk menghasilkan gambar detail raster.
  • B. Karet rakel dengan dua sisi lancip dan unjungnya datar, digunakan untuk menyablon benda-benda yang tidak menyerap tinta seperti menyablon keramik.
  • C. Karet rakel dengan ujung persegi, digunakan untuk menyablon diatas permukaan benda datar. Bentuk rakel unjungnya persegi memberikan tekanan penyaluran tinta paling luas pada media sablon. Rakel ini digunakan untuk menyablon kertas bertekstur kasar, carton, atau dus.
  • D. Karet rakel dengan ujung bulat tumpul, digunakan untuk menyablon bahan yang banyak membutuhkan tinta, seperti menyablon text block atau untuk plat. Karakter rakel ini dapat menyaput jumlah tinta yang banyak.
  • E. Karet rakel dengan ujung miring, digunakan untuk menyablon seperti pada kertas sticker vinyl atau plastik yang bertekstur halus. Rakel dengan satu ujung miring tajam ini digunakan juga dalam penyablonan yang memiliki karakter tidak menyerap tinta.
  • F. Karet rakel tumpul ujung sisinya sedikit bulat, digunakan untuk menyablon bahan yang menggunakan banyak tinta, seperti kaos atau spanduk.